Kali ini kami mengajak untuk mengenal lebih dekat sosok Dr. Ir. Erna Witoelar selaku co-founder Partnership-ID, melalui podcast bertajuk Eps. 02 UTAS 20 Thn KEMITRAAN: Erna Witoelar, Sang Jembatan 3 Dunia – YouTube . Lewat percakapan yang bernas dalam video ini, kita akan mengenal lebih dalam kiprah wanita yang pernah menjadi Duta Besar Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Tujuan Pembangunan Milenium di Asia-Pasifik serta berbagai jabatan strategis lainnya itu, lokal mau pun internasional. Podcast ini merupakan besutan “Kemitraan Indonesia” dan dipandu oleh Laode M. Syarif.

Berdurasi hampir 60 menit, podcast ini mengungkap sisi-sisi inspirasitif dari sosok Erna Witoelar, yang telah berkecimpung dalam berbagai isu dari berbagai masa pemerintahan, dari satu posisi ke posisi yang terentang luas, dari nasional hingga global, dari pendiri dan ketua WALHI hingga jabatan Menteri. Intinya sungguh lengkap, penuh insight dan memberi pengayaan wawasan yang juga, mengasyikkan. Berbagai cetusan dan ungkapannya atas isu-isu mutakhir sungguh membantu dalam memahami berbagai peristiwa berikut konteksnya.

Sebagai seorang saksi dan bahkan juga, pelaku sejarah, banyak hal yang terungkap dalam wawancara ini. Yang menarik adalah bagaimana konsep kemitraan bermula. Kita takkan menduga, behind the scene peristiwa itu, yang memang tak pernah terbuka ke public. Semua justru berawal ketika muncul semacam euphoria sebagian pejabat (sejawat Bu Erna saat beliau menjadi mentri dalam kabinet presiden Gus Dur kala itu), ketika akhirnya berhasil mendapatkan sejumlah paket pinjaman hutang dalam jumlah besar dari IGGI[i] untuk membenahi perekonomian Indonesia yang morat marit usai reformasi.

Sebagai aktifis lembaga konsumen yang kerap menyuarakan pentingnya bersikap hati-hati atas pinjaman yang didapatkan, nalurinya tak dapat menerima sikap euphoria semacam itu, yang menganggap hutang dalam jumlah fantastis tadi seolah seperti pemberian tanpa beban. Dari penuturan bu Erna ini kita mengetahui bahwa akhirnya, prinsip partnership – lah yang ia tawarkan untuk bersama-sama mengelola hutang tersebut guna membenahi perbaikan kondisi ekonomi Indonesia. Akhirnya Erna menyampaikan gagasan itu dan ujungnya, usulan itu diterima dan didukung penuh oleh presiden Gus Dur.

Masih banyak kisah dan paparan memikat lainnya. Laode M. Syarif membedahnya dengan runtut: dari isu lingkungan, SDG’s (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan), energi terbarukan hingga hak-hak azazi manusia. Alhasil, menyimak video ini hingga tuntas benar-benar menawarkan penambahan wawasan dan juga, pengetahuan dibalik berbagai dunia yang lebih dari 30 tahun digeluti sosok Erna Witoelar.


[i] IGGI (Inter Governmental Group on Indonesia; Kelompok Antar Pemerintah bagi Indonesia); adalah sebuah kelompok internasional yang didirikan pada tahun 1967, diprakarsai oleh Amerika Serikat untuk mengkoordinasikan dana bantuan multilateral kepada Indonesia.