P-ID Mendukung Universitas Cendrawasih (Uncen) Sebagai Sentra Kemitraan dan Ilmu Pengetahuan di Papua

Dalam menjalankan perannya sebagai aktor pembangunan yang strategis, Uncen telah bermitra dengan para pemang­­ku kepentingan. menjangkau dan menggandeng semua pihak mulai dari pemerintah, industry/bisnis, lembaga swadaya masyarakat dan organisasi lainnya.  Kemitraan ini bersifat resiprokal atau timbal balik, karena pada gilirannya, para pemangku kepentingan memerlukan Uncen sebagai mitra dalam menjalankan perannya guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Capaian semua itu tak serta merta membuat Uncen berpuas diri. Itu sebabnya, dalam rangka meningkatkan ‘visibility’ nya sebagai perguruan tinggi tertua dan terkemuka di Tanah Papua itu, Uncen lalu menggandeng Partnership-ID (PID) guna lebih memantapkan dukungan bagi Uncen menjadi Sentra Kemitraan & Pengetahuan (SK&P) di Papua.   

Hasil dari kerjasama itu, Uncen antara lain telah melaksanakan apa yang disebut forum kemitraan dan pengetahuan, (yang dinamakan ‘market place’) secara periodik.  Forum ini adalah suatu platform membangun kepercayaan antar pemangku kepentingan, pembelajaran serta membangun jejaring.  Jika sebelumnya banyak pihak yang ingin bekerja sama dengan Uncen belum memiliki kejelasan dengan pihak mana yang akan mewadahi hal itu, maka forum market place ini merupakan jawabannya.